Mahasiswa UII Juara Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Hukum Islam

2015-11-19 12:51:55 - Posted by admin - Hits : 1479
Mahasiswa UII Juara Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Hukum Islam

Tim Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) meraih prestasi gemilang pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Muslim Law Fair 2015 (LKTI MLF 2015). Acara tersebut diadakan oleh Keluarga Muslim Fakultas Hukum (KMFH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Even yang mengangkat tema “Syariah Dalam Pluralisme Hukum Publik Indonesia” tersebut diikuti oleh 44 tim dari berbagai universitas se-Indonesia.Tim UII yang bernama Prof. Denny Indrayana beranggotakan 3 (tiga) orang; Mhd. Zakiul Fikri (Ilmu Hukum 2013), Muhammad Salim (Hukum Islam 2013), dan Eva Fadhilah (Hukum Islam 2013).

Tim independen tanpa pembimbing ini memulai keberhasilannya dari pengumpulan abstraksi yang disaring menjadi 20 tim. Kemudian dinyatakan masuk 5 berkas terbaik untuk tampil di babak final yang diadakan pada tanggal 13-15 November 2015 di UGM.Pada babak final, Tim UII yang mengangkat gagasan “Re-Desain Konsep Musyawarah Sidang Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dalam Penyelesaian Persoalan dan Pengambilan Suatu Keputusan berdasarkan Perspektif Siyasah Syar’iyyah” berhadapan dengan 4 tim finalis lainnya; yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Negeri Riau (UR).

Pada babak grand final Tim UII memperoleh giliran ke-2 untuk mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya dihadapan para juri, gagasan yang menggunakan model pendekatan konsep (concept approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach)ini dengan meyakinkan dapat mereka mempertahankan. Alhasil, pada pengumuman juara yang disampaikan pada tanggal 15 November 2015 UII berhasil menjadi Juara I dengan perolehan total nilai 77,533, yang selanjutnya disusul UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Juara ke-2 dengan total nilai 75, dan Universitas Negeri Riau di Juara ke-3 dengan total nilai 74,8. Dengan demikian Tim UII berhak membawa pulang Piala Tetap Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Piala Bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan motivasi dari berbagai pihak; baik dari dosen, rekan sesama mahasiswa, ataupun masyarakat umumnya.

Harapan kedepannya, “Semoga keberhasilan ini bagi sahabat-sahabat mahasiswa yang lain dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus menulis dan berkompetisi dibidangnya masing-masing. Teruslah berkarya mahasiswa, dengan begitu dunia akan tahu kontribusi kita!” tutur Mhd. Zakiul Fikri selaku ketua tim dalam LKTI MLF 2015 tersebut.



Print   Bookmark and Share

Related News :